Robot Ekspresi Ucapan dan Mimik Wajah Manusia

Steven Kimsha




Abstract


Robot ekspresi ucapan dan mimik wajah manusia ini adalah robot yang dapat menghasilkan ekspresi dan mimik wajah manusia seperti manusia pada umumnya. Eskpresi dan mimik wajah robot akan difokuskan pada gerakan alis, mata, dan juga mulut. Pergerakan alis, mata dan mulut robot akan disesuaikan dengan database yang dimiliki oleh sistem. Alis robot akan membentuk ekspresi wajah manusia ketika mengalami kondisi tertentu. Mata robot akan dapat bergerak sesuai gerakan mata pada umumnya. Mulut robot akan dapat bergerak sesuai gerakan manusia ketika berbicara suku kata sebanyak 2 huruf.

Sistem ini menggunakan text file sebagai input dari sistem. Text file akan kemudian dibaca oleh platform Processing. Selagi platform Processing membaca data, ia juga akan membagi data tersebut menjadi array dan akan mengirimkan data berurutan sesuai urutan array. Processing akan mengirimkan data ke platform Arduino. Data akan dikirimkan melalui kabel serial Arduino. Setelah menerima data, Arduino akan membandingkan data dengan database yang dimiliki lalu menggerakkan bagian yang dimaksud.

Robot ini diuji dengan membandingkan ukuran gerakan robot dengan ukuran gerakan referensi yang dimiliki. Saat pengujian, diperoleh tingkat keberhasilan robot untuk menghasilkan gerakan alis yang sesuai adalah 60%, dan tingkat keberhasilan robot untuk menghasilkan gerakan mata yang sesuai adalah 100%. Sedangkan mayoritas gerakan mulut robot memiliki error rate tidak lebih dari ± 10%.


Keywords


Kepala Robot, Arduino, Processing, Motor Servo

Full Text: PDF

The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University. It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education - Republic of Indonesia.

©All right reserved 2016.Jurnal Teknik Elektro, ISSN: 1411-870X

 

shopify traffic stats
View My Stats




Copyright © Research Center Web-Dev Team