Pembuatan Model Quadcopter yang Dapat Mempertahankan Ketinggian Tertentu

Wili Kumara Juang, Lauw Lim Un Tung




Abstract


Quadcopter adalah salah satu topik pembelajaran yang akan dilakukan oleh Laboratorium Elektronika Universitas Kristen Petra. Karakterisitik kestabilan terbang pada Quadcopter serta pertahanan terbang yang dilakukannya menjadi bahan ajar yang baik saat ini.

Quadcopter menggunakan PID controller untuk melakukan keseimbangan terbang melalui pembacaan sudut oleh sensor MPU6050. Terdapat sensor SRF02 sebagai pendeteksi ketinggian yang juga menggunakan PID controller dalam mempertahankan ketinggian. Selain itu Quadcopter juga menggunakan remote control untuk keamanan operasional.

Melalui pengujian MPU6050 diperoleh error sudut oleh sumbu putar x (roll) yaitu 2° dan y (pitch) yaitu -3° yang dirata-rata dengan jumlah data dari take off, menjaga ketinggian, hingga landing. Pertahanan terbang mengalami osilasi namun tetap berada pada batas bawah toleransi. Pertambahan nilai RPM propeller dari kisaran 2000 RPM hingga 10.000 RPM.


Keywords


Arduino, MPU6050, PID Controller, Quadcopter, SRF02

Full Text: PDF

The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University. It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education - Republic of Indonesia.

©All right reserved 2016.Jurnal Teknik Elektro, ISSN: 1411-870X

 

shopify traffic stats
View My Stats




Copyright © Research Center Web-Dev Team