Perencanaan Sizing dan Analisa Biaya Energi Sistem PLTS di Komunitas Desa Muara Langon, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur

Authors

  • Rendra Yonatan Nikijuluw
  • Yusak Tanoto Program Studi Teknik Elektro Universitas Kristen Petra
  • Murtiyanto Santoso Program Studi Teknik Elektro Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/jte.9.2.56-61

Keywords:

Energi Terbarukan, PLTS, Tenaga Matahari, HOMER, biaya energi

Abstract

Desa Muara Langon merupakan desa yang terletak di dekat perbatasan antara Kalimantan Timur – Kalimantan Selatan yang masih menggunakan Generator set (Genset) sebagai sumber listrik karena belum mendapatkan fasilitas aliran listrik dari PT PLN. Pemanfaatan sumber energi terbarukan sebagai sumber listrik bagi rumah tangga di daerah pedesaan merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi ketiadaan sumber energi listrik.

Penelitian Tugas Akhir ini menganalisa data radiasi sinar matahari di desa Muara Langon serta data total beban listrik dan kebutuhan energi listrik untuk perencanaan PLTS bagi rumah penduduk desa Muara Langon menggunakan software HOMER. Perencanaan sistem PLTS semi terpusat dapat memenuhi pertumbuhan beban mendekati 10 tahun sebesar 11,7% setiap tahunnya, serta sistem ini memiliki biaya energi sebesar USD 2,03/kWh. Sistem PLTS semi terpusat yang direncanakan masih memiliki biaya energi yang lebih tinggi dibandingkan sistem diesel existing yang memiliki biaya energi sebesar USD 1,02/kWh.

Downloads

Published

2016-09-15