Mesin Pengisian dan Pengemasan Lem Putih

Hendra Listya




Abstract


Lem merupakan salah satu bahan penting dalam industri percetakan, yaitu untuk pembuatan kardus. Industri lem saat ini membuat kemasan lem putih secara manual, namun dengan adanya kemajuan teknologi, mesin pengisian dan pengemasan lem dapat dijalankan secara otomatis untuk menghemat tenaga kerja.

Pada mesin pengisian digunakan 2 metode untuk ketepatan berat lem yang dihasilkan. Metode pertama dilakukan dengan cara mengatur waktu pada proses buka dan tutup valve, sendangkan metode kedua dengan cara pembacaan hasil yang didapatkan dari load cell. Input dan output pada mesin pengisian dan pengemasan lem dikontrol menggunakan Arduino Uno.

Hasil yang didapatkan pada metode pertama lebih baik dibanding metode kedua. Toleransi maksimal kesalahan yang didapatkan pada metode pertama sebesar 2%, sedangkan pada metode kedua sebesar 7%. Rata-rata waktu pengisian pada metode pertama adalah 15.43 detik, sedangkan pada metode kedua adalah 14.86 detik.


Keywords


Arduino, Load Cell, Lem Putih

Full Text: PDF

The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University. It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education - Republic of Indonesia.

©All right reserved 2016.Jurnal Teknik Elektro, ISSN: 1411-870X

 

shopify traffic stats
View My Stats




Copyright © Research Center Web-Dev Team