Sistem Data Logging Sederhana Berbasis Internet Of Things untuk Pemantauan Suhu Tubuh dan Detak Jantung

Authors

  • Brian Sahuleka
  • Resmana Lim Petra Christian University
  • Petrus Santoso Petra Christian University

:

https://doi.org/10.9744/jte.11.1.29-35

Keywords:

Internet of Things, Analog, Mikrokontroler, Data logging, WiFi, Server

Abstract

Teknologi Internet Of Things sudah banyak menarik perhatian dunia saat ini. Pengembangan ini menghasilkan banyak pendekatan yang mengusulkan suatu pemanfaatan Internet Of Things dalam aplikasi data logging secara wireless. Berdasarkan perluasan IOT dan khususnya wearable device, remote data logging walaupun tanpa server data IOT, penggunaannya telah menjadi suatu tren yang besar dalam dunia kesehatan.

Namun cakupannya masih sangat luas untuk diselami dan yang berkembang saat ini adalah IOT pada wearable device. Tugas akhir ini menghadirkan pendekatan dalam membangun sistem data logging nirkabel menggunakan teknologi IOT pada server Thingspeak, dan berfokus pada data dari suhu tubuh dan detak jantung. Ada dua Mikrokontroler yang akan digunakan dalam proyek ini yang mana akan digunakan untuk berkomunikasi dengan server IOT.

wireless data logging ini dapat digunakan untuk pengiriman dari sebuah node ke server, tetapi keakuratan waktu penerimaan pada server sangat bergantung pada kondisi kestabilan jaringan.

Downloads

Published

2018-09-10

Issue

Section

Articles