Aplikasi untuk Memonitor PLC Pada Mesin Filling dan Capping

Authors

  • Gregorius Andry Laksmana
  • Petrus Santoso Petra Christian University
  • Felix Pasila Petra Christian University

DOI:

https://doi.org/10.9744/jte.10.2.48-53

Keywords:

TIA Portal, PLC, Visual Studio, Filling dan Capping Machine

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi industri, suatu sistem otomasi industri membutuhkan teknologi PLC (Programmable Logic Controller) untuk memenuhi tuntutan adanya fleksibilitas. Kebutuhan untuk pengawasan kendali proses dan mesin oleh PLC dan pengelolahan data selama proses berlangsung dan dapat dikontrol jarak jauh melalui internet, membawa lahirnya konsep HMI dan aplikasi yang mendukung adalah visual studio C#.

Paper ini dirancang untuk mengatur sistem pengisian cairan ke dalam botol kemasan dan dijalankan melalui aplikasi C#. Algoritma kontrol yang digunakan pada mesin ini adalah on/off. Semua penerapan ini dilakukan menggunakan PLC Siemens S7-1200. Semua sistem dapat dikontrol secara otomatis melalui PC dengan menggunakan TIA Portal v12 sebagai HMI software. Dan kontrol jarak jauh melalui laptop menggunakan visual studio C# sebagai aplikasi. Dalam aplikasi C# yang terkoneksi ke PLC menggunakkan library Snap7.

Pengujian yang dilakukan dengan membandingkan jalannya plant dengan tampilan/HMI pada komputer serta koneksi PLC Siemens S7-1200 dengan aplikasi dari visual studio C#. Mesin ini memilki kapasitas yang dapat diatur sesuai produksi botol yang diminta dengan rata-rata botolnya berisi 8,4 ml. Aplikasi C# dapat mengontrol PLC S7-1200 yang dihubungkan pada plant.

Downloads