Sistem Pemantauan Meteran Air Berbasis Optical Character Recognition

Authors

  • Ivan Sanjaya
  • Indar Sugiarto Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/jte.15.2.73-78

Abstract

Petugas pencatat meteran air perlu berkeliling ke rumah pelanggan setiap bulannya untuk mencatat angka meteran air secara manual. Sebagian pelanggan memiliki meteran air yang terletak di bagian dalam rumah. Oleh karena itu pelanggan perlu mencatat angka meteran dan menempelkannya di depan rumah agar petugas dapat melihat angka tersebut. Terkadang pelanggan dapat lupa untuk mencatat meteran mereka secara manual.

Teknologi Optical Character Recognition dapat digunakan untuk mengenali angka yang terdapat pada meteran air. Dengan memanfaatkan teknologi Internet of Things, hasil pengenalan angka meteran air dapat disimpan dalam database melalui koneksi nirkabel. Kedua teknologi tersebut dapat digunakan untuk melakukan pencatatan dan penyimpanan angka meteran air secara otomatis. Kemudian angka meteran tersebut dapat ditampilkan agar petugas pencatat dapat melihat dengan menggunakan 7-segment display. Setelah itu dengan menggunakan dashboard, pelanggan dapat memantau penggunaan air mereka dan dapat mendeteksi kemungkinan kebocoran pipa.

Dari hasil pengujian, pembacaan angka meteran air memiliki akurasi 100% untuk pembacaan bagian m3. Sistem tidak dapat mengkalsifikasikan angka meteran melakukan pembacaan bagian liter. Pengisian baterai 3000mAH dengan arus 1A memerlukan waktu 5 jam.

 

Kata Kunci— ESP32-CAM, Optical Character Recognition, Rspberry Pi Zero, Dashboard, 7-Segment, Meteran Air

Downloads

Published

2023-07-31