PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE UNTUK PEMBACAAN SIMULASI PENGGUNAAN LISTRIK RUMAH KOST

Authors

  • Evan Alfredo Gozali
  • Resmana Lim Petra Christian University
  • Petrus Santoso Petra Christian University

:

https://doi.org/10.9744/jte.16.1.1-4

Keywords:

simulasi penggunaan listrik, kamar kost, aplikasi mobile

Abstract

Pengembangan aplikasi mobile yang dibuat pada projek ini untuk melakukan pembacaan data power meter rumah kost, dengan menggunakan data power meter yang telah disimulasikan dari database menggunakan tombol simulasi powermeter. Data tersebut digunakan untuk proses monitoring yang dilakukan oleh pengguna kost dan pemilik kost. End-point yang digunakan sudah diuji dengan menggunakan postman sehingga data yang dikirim maupun diterima sesuai, aplikasi juga sudah diuji dalam beberapa skenario. Sehingga aplikasi dapat berjalan untuk melakukan pengawasan (monitoring) penggunaan listrik secara online.

References

Darmawan, E. S. (2020). Aplikasi Mobile Pengukuran KWh Meter Rumah Tangga Menggunakan Arduino ESP 8266. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Teng, J. (2019). Sistem Pembacaan Data Power Meter dengan Komunikasi Modbus secara Terpusat. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Accurate. (2021, March 1). Retrieved from accurate: https://accurate.id/teknologi/flutter-adalah.

Topkarir. (23 April 2021). Retrieved from tips karir: https://www.topkarir.com/article/detail/apa-itu-fullstack-developer-ini-tanggung-jawabnya-dan-jalurkariernya.

Romadhoni, F. (13 Febuary 2020). jagoanhosting. Retrieved from jagoanhosting: https://medium.com/jagoanhosting/perbedaan-antaraapi-rest-api-dan-restful-api-6a66d655a6c

Downloads

Published

2023-03-06

Issue

Section

Articles