RANCANG BANGUN SISTEM METER LISTRIK PRABAYAR DENGAN PEMBAYARAN MENGGUNAKAN QRIS DI RUMAH KOST

Authors

  • Gregorio Diovani Wahanie
  • Resmana Lim Petra Christian University
  • Indar Sugiarto Petra Christian University

:

https://doi.org/10.9744/jte.16.1.5-10

Keywords:

QRIS, ESP32, Payment Gateway, Sistem Meteran Prabayar

Abstract

Pada penelitian ini dikembangkan suatu sistem yang dapat memantau konsumsi listrik dengan metode memasang meter listrik digital berbasis mikrokontroler. Tidak seperti kWh Meter Prabayar PLN yang Offline, namun meter prabayar ini terhubung dengan internet/Online sehingga tidak memerlukan motode token,  dan dapat dimonitor dan top-up pulsa listrik dapat dilakukan langsung secara online. Sistem ini nantinya akan terintergasi secara online melalui aplikasi payment gateway untuk keperluan transaksi secara non-tunai. Sistem ini terdiri dari mikrokontroler ESP32, bagian output terdiri dari LCD 16x2, buzzer, SSR dan LED, dan bagian input terdapat sensor PZEM untuk mengukur energi listrik yang digunakan. Sistem ini juga dapat dimonitor secara internet berbasis web. Hasil Pengujian akurasi pengukuran energi PZEM dengan modul pembanding sejenis SDM120 secara pembacaan dan Analisa matematis menujukan parameter yang mendekati sama. Pengujian pengisian pulsa berhasil melakukan pengisian ulang pulsa listrik sebesar 1 kWh dengan tarif yang dipasang sebesar Rp 1500,- per kWh. Web dashboard yang dikembangkan telah menunjukan hasil fungsi monitoring dan report dari sistem meteran yang dibuat.

References

Xendit. (2019). Integrasi API, Xendit, [Online]. Available: https://docs.Xendit.co/id/API-integration.

Zhejiang Eastron Electronic Co.,Ltd.. (2017). SDM120_Series_Manual V 1.2, [PDF]. Available: https://www.eastroneurope.com/images/uploads/products/manuals/SDM120_Series_Manual_.pdf.

SITEPU, J. (2020). Membaca Sensor PZEM-004t dengan nodemcu Arduino. Diakses di mikroavr.com: https://mikroavr.com/sensor-pzem-004t-arduino/

Downloads

Published

2023-03-06

Issue

Section

Articles