KERAN AIR MULTIFUNGSI BERBASIS ARDUINO

Authors

  • Handy Cristoval
  • Thiang . Petra Christian University

:

https://doi.org/10.9744/jte.16.1.11-14

Keywords:

Arduino Nano, Solenoid Valve, Sensor Ultrasonik, Flow Sensor

Abstract

Keterbatasan air merupakan salah satu permasalahan yang masih terjadi hingga saat ini. Meskipun begitu, masih ditemukan kasus pemborosan air yang disebabkan karena lupa mematikan keran air sehingga air terbuang percuma. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengganti keran dengan sistem otomatis. Melalui penelitian ini akan diimplementasikan sebuah keran multifungsi yang berbasis Arduino. Keran ini didesain agar compact dan dapat dipasang pada berbagai tempat dan kebutuhan. Keran multifungsi dilengkapi dengan sensor ultrasonik untuk mendeteksi level air yang dapat mengawasi ketinggian permukaan air. Keran ini juga dilengkapi flow meter untuk dapat menghitung volume air yang dikeluarkan. Alat ini menggunakan solenoid valve yang dapat terbuka dan tertutup otomatis dengan menerima perintah dari mikrokontroler berupa Arduino Nano yang menjadi kendali dari sistem. Pengguna hanya perlu memasukan data berupa batas atas dan bawah untuk mode deteksi level air, serta volume untuk mode volume air. Melalui penelitian dan pengujian penelitian ini, telah dibuat sistem kerja, desain, dan sketch. Beberapa pengujian terhadap kinerja keran multifungsi juga telah dilakukan. Semua komponen terutama sensor ultrasonic, flow meter sensor, dan solenoid valve telah dianggap dapat digunakan dan berfungsi baik dalam sistem.

References

Muklisin, I., Sholehuddin, A., Muklison. (2017). Pendeteksi volume tandon air secara otomatis menggunakan sensor ultrasonic berbasis arduino UNO R3. Jurnal Qua Teknika, 7(2), 55-65.

Ratnasari,E.D.(2018, Maret 22). Hari Air Sedunia,7 Fakta Mengejutkan Mengenai Masalah Air. https://www.cnnindonesia.com/gayahidup/20180322115007-282-284979/hari-air-sedunia7-fakta-mengejutkan-masalah-air

Downloads

Published

2023-03-06

Issue

Section

Articles