IMPLEMENTASI WONDERWARE SYSTEM PLATFORM PADA OTOMASI INDUSTRI MINUMAN

Authors

  • Miguel Glennado
  • Handy Wicaksono Petra Christian University
  • Tonny Leonard

:

https://doi.org/10.9744/jte.16.1.24-29

Keywords:

Wonderware System Platform, InTouch, Historian, Historian Client

Abstract

SCADA merupakan sistem yang digunakan untuk mengontrol dan memonitor proses dalam suatu industri. Wonderware System Platform merupakan salah satu sistem SCADA. Wonderware System Platform sebagai suatu sistem SCADA terdiri dari Historian sebagai data logger, Historian Client sebagai data reporting, DA Server sebagai perantara antara SCADA dengan PLC, dan InTouch sebagai antarmuka manusia dengan mesin. Industri di Indonesia pada umumnya masih memanfaatkan InTouch stand-alone dimana tidak memiliki beberapa fitur-fitur penting pada System Platform. Oleh karena itu, dilakukan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan System Platform dengan InTouch stand-alone. Penelitian ini dilakukan dengan mensimulasikan beberapa proses pada industri minuman menggunakan simulator Siemens S7-1200 yang di dalamnya terdapat tombol dan lampu untuk membantu proses simulasi. Dari penelitian didapatkan bahwa System Platform memiliki beberapa fitur utama yang tidak dimiliki oleh InTouch stand-alone seperti distributed application dimana pengguna dapat men-deploy aplikasi ke beberapa komputer client dalam satu jaringan, kustomisasi objek menggunakan symbol editor, terdapat library situasional awareness sehingga dapat dengan mudah menerapkan high perfomance HMI, dan kelebihan lainnya.

References

K. Goldberg. (2012). What is automation? IEEE Transactions on Automation Science and Engineering, vol.9, no.1. pp. 1–2, Jan. 2012, doi: 10.1109/TASE. 2011.2178910.

……….. (2020). Product Datasheet AVEVA System Platform, formerly Wonderware. 2020.

AVEVA Group Plc. AVEVA – Product Portfolio Control & Monitoring,” [Online]. Available: https://download. schneider-electric.com/files? p_enDocType= Presentation&p_File_Name=AVEVA_Monitoring_Control.pdf&p_Doc_Ref=AVEVA_Monitoring_Control.

Downloads

Published

2023-03-06

Issue

Section

Articles