GROUP TASK MANAGEMENT BERBASIS GAMIFICATION

Authors

  • Adrian Shaksana Putra
  • Iwan Handoyo Putro Petra Christian University
  • Petrus Santoso Petra Christian University

:

https://doi.org/10.9744/jte.16.2.34-40

Keywords:

Aplikasi mobile, task management, gamification

Abstract

Di dalam dunia pekerjaan ataupun kuliah, semua orang dituntut memiliki kemampuan bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan sebuah projek. Sejumlah aplikasi memungkinkan terciptanya koordinasi dan delegasi tugas dalam kelompok. Namun apabila tidak ditunjang dengan motivasi maka lambat laun kinerja akan berkurang. Untuk menciptakan motivasi tersebut maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan implementasi konsep gamification. Group Task Management adalah aplikasi yang mengintegrasikan koordinasi dan delegasi tugas dalam projek dengan konsep gamification. Dalam aplikasi ini terdapat fitur membuat grup pekerjaan atau projek dimana pengguna dapat mengumpulkan sebuah kelompok untuk suatu projek. Pengguna dapat mendelegasikan tugas dan memantau kinerja kelompok yang tergabung dalam suatu grup. Aplikasi diuji oleh 15 pengguna terbagi dalam 3 kelompok usia yaitu dewasa,  mahasiswa dan pelajar SMA masing – masing 5 responden. Berdasarkan hasil kuisioner disimpulkan aplikasi ini dapat membantu dan memotivasi proses kerja kelompok.

References

M. Hoegl and H. G. Gemuenden. (2001). Teamwork Quality and the Success of Innovative Project: A Theoretical Concept and Empirical Evidence. JSTOR, pp. 435-449.

N. Eyal. (2013). Why Behavior Change Apps Fail To Change Behavior. 13 July 2013. [Online]. Available: https://techcrunch.com/2013/07/13/why-behavior-change-apps-fail-to-change-behavior/.

S. Deterding, D. Dixon, R. Khaleed and L. Nacke. (2011). From Game Design Elements to Gamefulness: Defining “Gamification”. Proceedings of the 15th international academic MindTrek conference: Envisioning future media environments, pp. 9-15.

C. Bateman. (2006). Only A Game: Mathematic of XP. 8 Agustus 2006. [Online]. Available: https://onlyagame.typepad.com/only_a_game/2006/08/mathematics_of_.html.

Downloads

Published

2023-09-04