EVALUASI PERENCANAAN SISTEM KELISTRIKAN RUMAH SAKIT “X” BERDASARKAN PUIL 2011 DAN APLIKASI ECODIAL

Authors

  • Edbert Ryan Kantonno
  • Julius Sentosa Setiadji Petra Christian University
  • Emmy Hosea Petra Christian University

:

https://doi.org/10.9744/jte.16.2.41-46

Keywords:

instalasi listrik, penangkal petir, PUIL 2011, grouping, Ecodial

Abstract

Pembangunan Rumah Sakit “X” membutuhkan evaluasi untuk rancangan sistem kelistrikan yang akan dipasang pada rumah sakit tersebut. Instalasi listrik yang akan dipasang meliputi bangunan rumah sakit 2 lantai dan sebuah gedung pendukung yang terpisah dari gedung utama. Untuk instalasi listrik yang akan dievaluasi memiliki total beban ± 200 kVA yang bersumber dari PLN 197 kVA dan genset dengan kapasitas 200 kVA. Evaluasi untuk pemilihan komponen kelistrikan dilakukan dengan menggunakan bantuan 2 sarana yaitu dengan Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL 2011) dan aplikasi Ecodial dari Schneider Electric. Sedangkan untuk evaluasi pemilihan penangkal petir mengacu pada ketentuan pada SNI 03-7015-2004 tentang Sistem Proteksi Petir pada Bangunan Gedung. Dari hasil analisa menggunakan aplikasi Ecodial, ditemukan beberapa perbedaan dalam pemilihan komponen listrik. Dari hasil perbandingan antara gambar tender dan hasil perhitungan berdasarkan PUIL 2011 didapatkan beberapa perbedaan dalam pemilihan komponen yang meliputi pemilihan circuit breaker, kabel, dan busbar. Dari analisa pemilihan transformator dan genset didapatkan bahwa kapasitas pada rancangan tidak mencukupi kebutuhan. Untuk analisa grouping beban listrik ditemukan beberapa ketidaksesuaian seperti adanya grouping yang memiliki lebih dari 20 titik beban listrik. Dari evaluasi pemilihan penangkal petir, ternyata pemilihan penangkal petir pada rancangan telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

References

Schneider Electric. (n.d.). EcoStruxure Power Design – Ecodial. Retrieved from https://www.se.com/id/id/product-range/61013-ecostruxure-power-design---ecodial/#overview.

Schneider. (2018). Electrical installation guide – according to IEC international standards. Retrieved from https://www.se.com/id/en/work/products/product-launch/electrical-installation-guide/.

Badan Standardisasi Nasional. (2011). Panduan umum instalasi listrik (PUIL). Jakarta : Badan Standardisasi Nasional.

Badan Standardisasi Nasional. (2004). SNI 03-7015-2004: Sistem Proteksi Petir pada Bangunan Gedung. Jakarta : Badan Standardisasi Nasional

Downloads

Published

2023-09-04