KONTROL MINIATUR KURSI RODA DENGAN PERINTAH SUARA BERBASIS VOICE RECOGNITION MODULE

Authors

  • Tobias Arthuro Angwyn
  • Thiang Thiang Petra Christian University

:

https://doi.org/10.9744/jte.16.2.71-75

Keywords:

Kursi roda, kendali suara, kendali joystick, ELECHOUSE Voice Recognition Module V3

Abstract

Salah satu solusi untuk mengatasi kelumpuhan adalah kursi roda. Tetapi, kursi roda konvensional akan sulit digunakan bagi orang-orang yang tidak memiliki tenaga fisik yang cukup. Salah satu solusi permasalahan tersebut adalah kursi roda kendali suara. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengimplementasi sebuah kendali suara pada miniatur kursi roda. Arduino Uno digunakan sebagai mikrokontroler yang menerima input dari ELECHOUSE Voice Recognition Module V3 untuk kendali suara dan Arduino Joystick Module untuk kendali joystick ketika kendali suara tidak efektif. Pengguna dapat menukar antara kendali suara dan kendali joystick dengan menekan sebuah push button. Masing-masing kendali memberikan kursi roda empat gerakan, yaitu maju, putar kiri, putar kanan, dan mundur. Masing-masing gerakan ada tiga tingkat kecepatan. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, pada kondisi jarak sumber suara ke penerima suara dekat dan jumlah noise minimal, ELECHOUSE Voice Recognition Module V3 memiliki tingkat akurasi sekitar 90%. Pada kondisi sebaliknya, tingkat akurasi ELECHOUSE Voice Recognition Module V3 dapat turun hingga sekitar 30%. Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa ELECHOUSE Voice Recognition Module V3 cukup baik untuk pengenalan suara seorang pengguna dan Arduino Joystick Module cukup baik untuk kendali cadangan. Dengan demikian, dengan motor yang sesuai, sistem ini dapat diterapkan pada kursi roda yang sesungguhnya.

References

B. S. Armour, E. A. Courtney-Long, M. H. Fox, H. Fredine and A. Cahill. (2013). Prevalence and Causes of Paralysis-United States, 2013. American Journal of Public Health, vol. 106, no. 10, pp. 1855-1857

D. Guan. (2013). Design and Improve Energy Efficiency and Functionalities of Electrical Wheelchairs.

L. Rabiner and B.-H. Juang. (1993). Fundamentals of Speech Recognition, PTR Prentice-Hall, p. 2.

H. Krishna, S. Emani, R. Manapaka and S. P. V. S. Rao. (2021). Voice Controlled and Joystick Based Wheel Chair for Differently Abled People. International Research Journal of Modernization in Engineering, Technology and Science, vol. 3, no. 6, pp. 3111-3114.

Thiang. (2007). Implementation of Speech Recognition on MCS51 Microcontroller for Controlling Wheelchair. in 2007 International Conference on Intelligent and Advanced Systems, Kuala Lumpur.

D. S. Yadav and A. K. Singh. (2004). Microcontroller: Features and Applications, New Age International, pp. 1-2.

W. S hen. (2014). Voice Recognition Module V3. Elechouse, 9 May 2014. [Online]. Available: https://www.elechouse.com/elechouse/images/product/VR3/VR3_manual.pdf. [Accessed 3 December 2021].

Downloads

Published

2023-09-04