SISTEM KONTROL KUALITAS AIR BERBASIS FUZZY LOGIC PADA KOLAM PENDEDERAN IKAN BANDENG

Authors

  • Miftachul Ali Hikmah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Misbah Misbah Universitas Muhammadiyah Gresik

:

https://doi.org/10.9744/jte.17.1.6-10

Keywords:

Pendederan, Sensor PH, Turbidity Sensor, ESP32, Fuzzy Mamdani

Abstract

Pendederan yaitu sebuah proses pemeliharaan ikan untuk mencapai ukuran tertentu sesudah benih ikan bandeng tersebut ditebar dalam tambak. Pada pendederan ini merupakan masa yang krusial karena pada masa ini para petambak harus pandai dalam pengolahan kualitas air untuk mengurangi kematian benih ikan bandeng. Faktor yang harus diperhatikan untuk menjaga kestabilan kualitas air yaitu PH air dan juga kekeruhan. Sehingga pada penelitian ini dibuat sistem kontrol kualitas air berbasis fuzzy logic pada kolam pendederan ikan bandeng yang bertujuan untuk membantu petambak dalam mengontrol kualitas air yang baik untuk masa pendederan. Sistem kontrol ini menggunakan sensor PH air dan turbidity sensor untuk melakukan pembacaan kualitas air kemudian diproses dalam ESP32 menggunakan metode fuzzy mamdani. Hasil dari pembacaan sensor tersebut akan ditampilkan di layar LCD dan dicatat di Google Spreadsheet. ESP32 akan memberi perintah kepada pompa untuk melarutkan larutan yang sudah disetting untuk menetralkan PH air (5-9) apabila air tersebut dalam kondisi asam/basa. Pompa juga akan menyala untuk mengatur kekeruhan air yang normal, dan akan mati jika air sudah dalam kondisi kekeruhan yang baik yaitu 15-30 NTU. Dari hasil pengujian tersebut, sensor ph dan kekeruhan dapat mendeteksi kualitas air dengan baik, serta pompa juga dapat bekerja sesuai rules fuzzy mamdani.

References

M.Y.K. Deram, A. Tjendanawangi, N. Dahoklory. “Efektivitas Substitusi Tepung Ikan (Brevoorita tyrannus) dengan Tepung Ampas Kelapa (Cocus nucifera L) Terhadap Pertumbuhan dan Kelulushidupan Ikan Bandeng (Chanos chanos)”. JVIP, 3(2), 2023.

M. Jefri, A. Haris, S. Sodiq, S. Saleh, A. Malik. “Kelayakan Parameter Fisika Kualitas Air untuk Usaha Budidaya Ikan Bandeng dengan Sistem Keramba Jaring Tancap (KJT) pada Lahan Bekas Galian Tambang Pasir”. OCTOPUS : Jurnal Ilmu Perikanan Universitas Muhammadiyah Makassar, 2020.

I. Rosyidah, A.R. Chaidir, Sumardi. “Sistem Pemantauan dan Kontrol Kualitas Air pada Budidaya Bandeng Menggunakan Metode Fuzzy Logic”. Emitor Jurnal Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2023.

A. Kurniawan. “Estimasi Tingkat Keasaman Air Hujan (pH) Akibat Absorpsi Gas NO2 dan SO2”. Jurnal Ilmu Lingkungan 17(3), UNDIP, 2019.

S.H.W. Sasono, S.S. Hidayat, T.A. Setyawan. “Pendampingan Implementasi Pemakaian Sistel Informasi Monitoring Kondisi Air Pada Tambak Udang Vaname Berbasis Web di Tambak Sumulyono, Mangkangkulon, Tugu Semarang”. Jurnal Politeknik Negeri Semarang, 2022.

I P. Y. P. Pratama, K.S. Wibawa, I M.A. D. Suarjaya. “Peerancangan PH Meter Dengan Sensor PH Air Berbasis Arduino”. JITTER-Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer Vol. 3 No.2, 2022.

A. N., A. Supriyanto, H. Rhomadhona. “Aplikasi Pendeteksi Kualitas Air Menggunakan Turbidity Sensor Dan Arduino Berbasis WEB Mobile”. Jurnal CoreIT,Vol.5, No.1, 2019.

M. Amin, R. Ananda, J. Eska. “Analisis Penggunaan Driver Mini Victor L298N Terhadap Mobil Robot Dengan Dua Perintah Android Dan Arduino Nano”. JURTEKSI Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol. 4 No. 1, 2019.

K. Widiatmoko. “Prototype Pompa Air DC Bertenaga Surya Berbasis Internet of Things(IoT)”. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Elektro Vol. 1 No.1 Universitas Pakuan, 2022.

Downloads

Published

2024-03-29

Issue

Section

Articles