PERENCANAAN GAMBAR LISTRIK UNTUK RENOVASI KELISTRIKAN GEREJA “X” DI SURABAYA

Authors

  • James Limanto
  • Julius Sentosa Setiadji Universitas Kristen Petra
  • Emmy Hosea Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/jte.17.1.11-15

Keywords:

Sistem Kelistrikan, pencahayaan, panel, beban listrik

Abstract

Gereja “X” berencana melakukan renovasi sistem kelistrikan bangunan. Renovasi sistem kelistrikan tersebut bertujuan untuk mengganti dan menata ulang sistem kelistrikan di bangunan gereja. Sebelum merancang sistem kelistrikan bangunan terlebih dahulu dilakukan penataan sistem pencahayaan dengan bantuan software calculux indoor 5.0b untuk mensimulasikan sistem pencahayaan yang baru. Hasil simulasi menunjukkan pencahayaan pada rancangan baru sudah memenuhi standar SNI pencahayaan dengan rata – rata selisih keseluruhan ruangan sebesar 3,22%. Dalam pengerjaan rancangan sistem kelistrikan yang baru, terdapat 5 panel meliputi 1 LVMDP (Low Voltage Main Distribution Panel) dan 4 SDP (Sub Distribution Panel). Untuk SDP, panel A dan B mengatur beban penerangan dan stop kontak lantai 1 dan 2, panel C mengatur beban yang menyala pada malam hari, panel D mengatur beban air conditioner.

References

Project Channel Lighting Design and Application Center PT Philips Indonesia. (Langkah praktis menggunakan calculux indoor. Jakarta : PT Philips Indonesia, 2005.

Badan Standardisasi Nasional. SNI 03 – 6575 – 2001: Tata cara perancangan sistem cahaya buatan pada bangunan. Jakarta : Badan Standardisasi Nasional, 2001

Badan Standardisasi Nasional. Persyaratan umum instalasi listrik (PUIL). Jakarta : Badan Standardisasi Nasional, 2011

Schneider. Acti9 tripping curves – Short circuit current limiting. Schneider Electric, 2012

Schneider. Electrical installation guide – according to IEC international standards, 2018. Retrieved from https://www.se.com/id/en/work/products/product-launch/electrical-installation-guide/.

Downloads

Published

2024-03-29

Issue

Section

Articles