SISTEM MONITORING DAN KONTROL NUTRISI TANAMAN DI HIDROPONIK NFT MENGGUNAKAN METODE FUZZY MAMDANI

Authors

  • Akhmad Nuryudin Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Denny Irawan Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Rini Puji Astutik Universitas Muhammadiyah Gresik

:

https://doi.org/10.9744/jte.17.1.44-50

Keywords:

Hidroponik NFT, ESP32, TDS Sensor, Fuzzy Mamdani

Abstract

Nutrient Film Technique (NFT) adalah metode hidroponik yang mengalirkan larutan nutrisi tipis melalui akar tanaman secara terus-menerus. Penelitian ini menawarkan solusi untuk mengatasi kendala kontrol aliran air dengan mengusulkan alat monitoring yang memantau level air, suhu, dan nutrisi pada sistem NFT. Data yang terkumpul direkam ke Google Spreadsheet, memungkinkan akses mudah melalui perangkat Android atau lainnya. Informasi juga dapat dipantau di lapangan melalui layar LCD terintegrasi. Sistem ini dilengkapi kontrol output menggunakan metode Fuzzy Mamdani, meningkatkan akurasi pengendalian pompa yang mengatur aliran nutrisi. Dengan mikrokontroler ESP32 dan koneksi internet, sistem dapat diintegrasikan dengan Internet of Things (IoT). Penggunaan sensor seperti Sensor Water Level, Sensor DS18B20 untuk suhu, dan TDS Sensor untuk konsentrasi nutrisi memungkinkan pemantauan yang komprehensif. Implementasi sistem monitoring dan kontrol ini telah berhasil meningkatkan efisiensi pertanian hidroponik NFT. Pengukuran menunjukkan bahwa alat monitoring dapat akurat melacak level air, suhu, dan konsentrasi nutrisi. Kontrol output dengan metode Fuzzy Mamdani meningkatkan akurasi pengendalian pompa, mendukung pertumbuhan tanaman optimal dengan dosis nutrisi yang sesuai pada setiap fase pertumbuhan. Solusi ini memberikan pemantauan dan kontrol yang efisien, merangsang produktivitas pertanian hidroponik NFT secara keseluruhan.

References

J. Linda, M. N. S. Qamaria, A. F. Hafid, H. B. Samsuddin, and A. Rahim. “Hidroponik Sebagai Sarana Pemanfaatan Lahan Kosong di Kantor Lurah Salo”. J. Lepa-lepa Open, vol. 1, no. 3, 2021.

I. S. Roidah. “Pemanfaatan lahan dengan Menggunakan Sistem Hidroponik”. Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO. Vol.1.No.2, 2014.

Siagian, V.W. Hidroponik Tanaman Sawi Beda Varietas dengan Formulasi Nutrisi AB dan Formulasi Racikan. Medan: Universitas Sumatera Utara. (2016).

Zulkifli, Rosnina, Khaidir, Martina, Riani. “Budidaya Hidroponik Tanaman Kangkung Dengan Sistem Nft (Nutrient Film Technique) Bagi Masyarakat Desa Lancang Garam Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe”. Jurnal Malikussaleh Mengabdi. Vol 2, No 1, April 2023.

Rouhillah, I. Salfikar, M. Ichsan. “Kontrol Nutrisi Tanaman Hidroponik Berbasis Monitoring Internet of Things”. Elektron Jurnal Ilmiah, Volume 14 Nomor 2, 2022.

Rusli, Muhammad. “Dasar Perancangan Kendali Logika Fuzzy”. Malang: UB Media.

Sihotang, Sunarsan dkk. “Fuzzy Logic Untuk Menentukan Penjualan Rumah dengan Metode Mamdani (Studi Kasus: PT Gracia Herald)”. Jurnal ISD. Vol. 2, No.2, Hal. 91-10, 2017

Downloads

Published

2024-03-29

Issue

Section

Articles